Secret Service Pasukan Pengaman Presiden Amerika Serikat

Secret Service Pasukan Pengaman Presiden Amerika Serikat

Lembaga Hukum Federal Tertua Paman Sam (Amerika Serikat)

Musicfordummies.org – Secret Service atau pasukan pengaman presiden menjadi andalan pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam melindungi orang nomor satu negera tersebut. Hal itu tidak terkecuali saat rencana Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali November ini.

Secret Service AS menyiapkan seluruh hal berhubungan pengamanan Presiden AS Joe Biden, mulai dari keperluan logistik pengamanan sampai pengawalannya. Menurut informasi yang kami dapatkan melalui situs secretservice.gov merupakan salah satu institusi penegak hukum federal tertua Amerika Serikat.

Awal mula berdirinya badan hukum federal tertua Amerika Serikat (AS) pada tahun 1865. Dengan tujuan awal untuk membasmi pemalsuan yang merajalela untuk menstabilkan keuangan AS yang masih muda. Pada akhir Perang Sipil, hampir sepertiga dari seluruh mata uang yang beredar yakni palsu. Hasilnya, stabilitas keuangan negara terancam pada saat itu.

 

Sejarah Terbentuknya Secret Service Sebagai Pasukan Pengamanan Presiden

Secret Service

Untuk mengatasi problem ini, Secret Service berdiri pada Tahun 1865 sebagai biro Departemen Keuangan. Sehingga meredam atau menekan pemalsuan uang yang mulai meluas. Secret Service mulai mendapatkan tugas sebagai pelindung Presiden AS pada 1901. Hal ini bertepatan setelah momen terbunuhnya Presiden William McKinley.

Seiring berjalannya waktu, misi perlindungan kemudian mereka perluas ke beberapa bidang. Seperti melakukan perubahan undang-undang, putusan presiden, keamanan dalam negeri dan eksekutif.

Kemudian, semenjak Tahun 1970. Lembaga hukum federal tertua tersebut juga mendapatkan tugas untuk melindungi kompleks Gedung Putih dan Observatorium Angkatan Laut. Secret Service juga bertanggung jawab untuk melindungi kedutaan dan konsulat asing dalam dan sekitar kawasan Washington DC.

Pemerintah AS mengeluarkan Perintah Keputusan Presiden untuk memperluas tugas pasukan pengamanan presiden pada tahun 1998. Dalam instruksinya, mereka tunjuk sebagai agen federal utama untuk mengoordinasikan pengembangan dan implementasi rencana keamanan untuk National Special Security Events (NSSE).

Secret Service sudah berkembang dari biro kecil oleh sebagian operator pada 1865. Menjadi organisasi penegak hukum dengan hampir 7.000 karyawan pada seluruh dunia. Semenjak saat itu, mereka mendapatkan sejumlah tugas, antara lain:

    1. Pengamanan konvensi partai politik besar
    2. Pelantikan Presiden
    3. KTT para pemimpin dunia
    4. Pertemuan organisasi internasional seperti:
      • Majelis Awam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
      • Acara olahraga besar nasional dan internasional Pemakaman kenegaraan
      • Momen penting nasional lainnya.

Sekarang ini, organisasi tersebut juga memerangi kriminalitas dalam skala global melalui beberepa kantornya. Yang mana berlokasi sekitar Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Amerika Selatan, Eropa, Afrika dan Asia.

Selain itu, Secret Service juga bekerja sama dengan organisasi penegak hukum lokal, negara komponen dan federal. itulah sederet beberapa informasi mengenai Pasukan Khusus Pengamanan Presiden Amerika Serikat (AS).